Followers

About Me

Rabu, 30 Januari 2013

Penggunaan Dimens dalam Android

Ketemu lagi dengan tulisan saya pemirsa. Kali ini saya coba bahas tentang dimens dalamn programming Android. Dimens ini berguna buat kalian yang ingin membuat aplikasinya tetap bagus di semua ukuran layar sebagai contohnya aplikasi H!Bandung punya GITS tetep bagus di semua device Android, kalo gak percaya coba download aja deh di google play :D

Gambar berikut merupakan contoh aplikasi tanpa dimens

Begitulah hasilnya. Textnya jadi kecil ketika di tablet.
Sekarang kita coba menggunakan dimens
Contoh penggunaan dimens seperti berikut.
Pertama buatlah 2 buah file dimens.xml, masing - masing disimpan pada folder values dan values-sw600dp



Kedua buat resource seperti gambar dibawah ini.
Hasilnya
Jadi lebih bagus dari sebelumnya kan ?
gambar - gambar ini saya dapet dari slidenya kang Ibnu Sina Wardy, di twitter dia eksis sebagai dokterdroid.
Sekian tulisan kali ini, kalo ada salah atau belum paham bisa via YM : de.rohimat@ymail.com :P

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Wogh.. sekarang ada kayak begitu segala yah. udah lama ga ngoding Android nih, terakhir cuma pake dp. Sekarang malah udah ada sp. Bedanya apa, Den?

Unknown mengatakan...

itu kalo dp itu bagus buat image. kalo sp itu buat text size gitu ka ray.

Unknown mengatakan...

mas kalo saya mau buat tampilan layout aplikasi saya bisa konsisten disegala device (mksudnya : semua ukuran layar 7" ataupun 4") apa bisa memakai cara ini?mohon bantuannya :)

Unknown mengatakan...

eka : bisa ko pake ini juga mas :D